Kamis, 04 Agustus 2011

Syekh Ahmad al-Badawi

Syaikh al-Sayyid Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) adalah seorang suci Muslim dan juga pendiri dari tatanan Badawiyyah sufi. Ia dilahirkan di Fez, Maroko pada 596 H dan meninggal di Tanta, Mesir pada 675 H. Dia terkenal karena perilaku asketis, dan juga dikenal banyak melakukan mukjizat. Banyak cerita palsu sayangnya juga telah dikaitkan dengannya, termasuk oleh mereka yang mengaku guru sufi.

Menurut penulis Muslim terkenal al-Sayyid Muhammad al-Murtadā Zabīdī (w. 1205 H.), penuh silsilah al-Sayyid Ahmad al-Badawi adalah Ahmad bin 'Ali bin Ibrahim bin Muhammad bin Abi Bakar bin Ismail bin' Umar bin 'Ali bin Usman bin Al-Husain bin Musa bin Muhammad bin Al-Ashhab Yahya bin' Isa bin 'Ali bin Hasan bin Ja'far bin Muhammad bin' ibn Ali al-Hadi bin Muhammad al-Jawad 'Ali ar-Ridha bin Musa al-Kazim bin Ja'far ash-Shadiq bin Muhammad bin Ali al-Baqir bin [Zain al-'Ābidīn] 'Fatimah bin al-Husain, putri Nabi Muhammad (sal-Lal-laho-Taala-alahi- wasalam), semoga Allah berkat dan damai mandi atasnya dan anggota keluarganya.
Kota Fas rupanya beruntung sekali karena pernah melahirkan sang manusia langit yang namanya semerbak di dunia sufi pada tahun 596 H. Sang sufi yang mempunyai nama lengkap Ahmad bin Ali Ibrahim bin Muhammad bin Abi Bakr al-Badawi ini ternyata termasuk zurriyyah baginda Nabi, karena nasabnya sampai pada Ali Zainal Abidin bin Husain bin Ali bin Abi Talib, suami sayyidah Fatimah binti sayyidina Nabi Muhammad SAW.
Keluarga Badawi sendiri bukan penduduk asli Fas (sekarang termasuk kota di Maroko). Mereka berasal dari Bani Bara, suatu kabilah Arab di Syam sampai akhirnya tinggal di Negara Arab paling barat ini. Di sinilah Badawi kecil menghafal al-Qur'an mengkaji ilmu-ilmu agama khususnya fikih madzhab syafi'i. Pada tahun 609 H ayahnya membawanya pergi ke tanah Haram bersama saudara-saudaranya untuk melaksanakan ibadah haji. Mereka tinggal di Makkah selama beberapa tahun sampai ajal menjemput sang ayah pada tahun 627 H dan dimakamkan di Ma'la.

Hidup-Nya:

Al-Sayyid Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) adalah bungsu dari tujuh anak-anak al-Sayyid 'Ali (Radi Allah Anhu). Muhammad, Fāţimah, Zainab, Ruqayyah, and Fiddah. saudara-Nya adalah Al-Hasan (yang tertua, lahir tahun 583 H), Bahkan dari usia muda, al-Sayyid Ahmad (Radi Allah Anhu) telah dikenal sebagai al-Badawi (Badui) karena ia suka menutup mukanya, meniru perilaku penghuni gurun.

Dan sementara ia masih tinggal di Fez, al-Sayyid Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) dibawa oleh saudaranya al-Sayyid al-Hasan untuk memenuhi syekh sufi dengan nama 'bin Abdul al-Jalil' Abd al -Rahman al-Naisabūrī, yang mengakui bakat spiritual anak muda dan memberinya inisiasi ke jalan sufi.

Jadi, dia membawa keluarganya, termasuk tujuh tahun tua al-Sayyid Ahmad al-Badawi, untuk pindah ke Mekah al-Mukarramah.. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar empat tahun. Mereka berhenti di beberapa tempat termasuk Kairo, yang pada waktu itu di bawah kekuasaan al-Sultan al-'Adil Ayyūbī Sayfuddīn al-.

Ketika mereka akhirnya mencapai Makkah al-Mukarramah, mereka disambut hangat oleh para pemimpin shurafā '(keturunan Nabi Muhammad, semoga Allah pancuran berkat dan damai atas dia dan anggota keluarganya).

Dia juga menghadiri pelajaran pada al-Hadits dan al-Fiqih berdasarkan mazhab (aliran pemikiran di jurispudence Islam) dari al-Imam al-Syafi'i (Radi Allah Anhu).

. Setelah diperkenalkan ke dunia tasawuf, al-Sayyid Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) akan menghabiskan banyak waktu di pengasingan rohani. Salah satu tempat favoritnya adalah di Jabal Abi Qubais, yang terletak di dekat Masjid Al-Haram.

dalam visi, al-Sayyid Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) secara rohani dikunjungi oleh Abd al-Syaikh 'al-Qadir al-Jilani (Radi Allah Anhu) (wafat 561 H.) dan al-Syaikh Ahmad al-Rifā'ī (Radi Allah Anhu) (wafat 578 H.) yang mengundangnya untuk mengunjungi makam mereka.

Keesokan harinya, al-Sayyid Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) meninggalkan Mekah Al-Mukarramah dan berangkat untuk mengunjungi makam yang benar di Irak, ditemani oleh kakaknya al-Sayyid al-Hasan (Radi Allah Anhu ).

Sebelum mereka mencapai Ummu 'Abīdah, tempat peristirahatan al-Syaikh Ahmad al-Rifā'ī (Radi Allah Anhu), al-Sayyid al-Hasan memutuskan untuk kembali ke Mekah al-Mukarramah untuk ia merindukan keluarganya. Al-Sayyid Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) melanjutkan perjalanan sendirian dan bertemu dengan banyak petualangan termasuk mengalahkan enchantress disebut Fatimah dekat Ummu 'Abīdah.

Dalam salah satu anekdot yang paling kutip, hal tersebut terkait bahwa sementara al-Syaikh Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) berada di Irak, ia ditawari oleh Abd al-Syaikh 'al-Qadir al-Jilani (Radi Allah Anhu) dan al-Syaikh Ahmad al-Rifā'ī (Radi Allah Anhu) [dalam bentuk spiritual mereka] kunci kerajaan-kerajaan spiritual Irak, Yaman, India, Ikonium, dan semua negeri-negeri Muslim di Timur dan Barat, untuk tombol berada di tangan mereka.

Menurut salah satu versi cerita, al-Sayyid Ahmad al-Badawi berkata bahwa dia hanya akan mengambil kunci dari tangan Nabi Muhammad sendiri, semoga Allah pancuran berkat dan damai atas dia dan anggota keluarganya.]

Setelah mengunjungi makam yang saleh di Irak, termasuk leluhur Al-Imam nya Musa al-Kazim (Radi Allah Anhu), dan receving lebih lanjut iluminasi spiritual setelah menghabiskan beberapa waktu di meditasi sana, al-Sayyid Ahmad al-Badawi ( Radi Allah Anhu) menuju rumah.

Kembali di Makkah al-Mukarramah, al-Sayyid Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) melaporkan kepada saudaranya al-Sayyid al-Hasan (Radi Allah Anhu) pada penawaran dari kunci ke kerajaan rohani oleh dua kutub spiritual al -Syaikh 'Abd al-Qadir al-Jilani (Radi Allah Anhu) dan al-Syaikh Ahmad al-Rifā'ī (Radi Allah Anhu).

" Al-Sayyid al-Hasan (Radi Allah Anhu) kepada adiknya, "Sesungguhnya, mengundang orang ke jalan Allah adalah kunci untuk kebaikan. Apa al-Syaikh 'Abd al-Qadir al-Jilani (Radi Allah Anhu) dan al-Syaikh Ahmad al-Rifā'ī (Radi Allah Anhu) yang ingin adalah bahwa Anda mengikuti jalan mereka dalam mengundang orang kepada Allah Dan jalan mereka adalah tidak lain daripada mengikuti Quran dan Sunnah.. Ini adalah jalan yang benar (ţarīqah) dalam Islam. "

Sayyid Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) sependapat dengan dan menghargai penjelasan yang diberikan oleh kakaknya al-Sayyid al-Hasan (Radi Allah Anhu).

Dia memiliki hati yang berani, dan disebut al-Badawi karena gagap nya. Ketika karunia ilahi datang kepadanya, dia tenggelam dalam penyerapan lengkap kepada Allah, hidupnya sepenuhnya berubah. Ia diasingkan perusahaan orang; diadakan untuk diam, dan berkomunikasi hanya melalui gerakan. (Satu baris ditinggalkan).
Dalam tidurnya ia melihat tiga kali seseorang berkata, "Berdirilah dan pergi ke tempat matahari terbit. Jika Anda mencapai sana, lalu pergi ke tempat matahari terbenam. Kemudian perjalanan ke Tanta, karena pasti ini adalah tempat Anda, hai orang muda! "Ini dalam Syawal, 633 H.

Dia pergi ke Irak di mana dia disambut oleh Syaikh, baik yang hidup dan mati. Dia mengambil pada Kharqa diberkati sufi melalui izin dari Syaikh Bari (Radi Allah Anhu) yang diterima dari Na'im al-Baghdadi (Radi Allah Anhu) yang pada gilirannya menerima dari Syaikh Ahmad al-Rafa'I (Radi Allah Anhu ), semoga Allah senang dengan mereka semua. Setelah mencapai Tanta, al-Sayyid Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) tinggal di rumah seorang pedagang dengan nama Rukain (juga dikenal sebagai Ruknuddīn) Shuhaiţ bin.

Al-Sayyid Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) diterima dengan sangat baik di Tanta. Banyak orang datang mengunjunginya, karena mereka diuntungkan dari kehadiran dan ajarannya, dan juga dari barākah yang mengalir melalui dia. It " Dilaporkan bahwa al-Sayyid Ahmad al-Badawi (Radi Allah Anhu) pernah berkata, "The spiritual orang miskin (al-fuqarā ') adalah seperti buah zaitun antara mereka adalah orang-orang besar dan di antara mereka adalah orang-orang kecil.. Untuk mereka yang tidak memiliki "minyak", Aku akan menjadi "minyak" Aku akan membantu mereka dalam semua urusan mereka dan saya juga akan membantu mereka mengatasi kesulitan mereka.. Tidak pada upaya sendiri dan kekuatan, tetapi melalui barākah Nabi , semoga Allah pancuran berkat dan damai atas dia dan anggota keluarganya. "

Tarekatnya:

Dia mengambil bay'ah dari Syaikh Ibnu 'Abdullah al-Naysaburi (Radi Allah Anhu), dari yang ada rantai dari tujuh syekh yang menerima bay'a dari al-Imam Dawud al-Ta'iy yang menerimanya dari Habib Allah al-'Ajami yang diterima dari Master Tabi'een, al-Hasan al-Basri, yang menerimanya dari Sayyiduna 'Ali, semoga Allah menerangi wajahnya, yang menerimanya dari al-Mustafa, Rasulullah, mungkin Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian.


Negara-nya:

Dia adalah seorang Quthb besar, ia dapat menyebabkan murids untuk tumbuh di ma'rifa dengan hanya melihat mereka. Jika ia memberi salah satu murids nya melihat khusus ia akan menaikkan dia ke Maqam al-Shuhud. Dia digunakan untuk berpuasa terus-menerus selama empat puluh hari, kemudian berbuka nya. Di sebagian besar negara, ia akan menatap ke atas ke langit dengan mata pembakaran batu bara, terus berteriak.

Atribut-nya:

Ia disebut satu dengan dua cadar, karena ia selalu memakai dua jilbab. Dia tinggi dengan kaki tebal, lengan penuh, dan wajah yang besar. complection adalah antara putih dan coklat.


PENDAPAT BELIAU
Sayyid Ahmad al-Badawi (semoga Allah senang dengan dia) berkata:
Para fuqarā seperti zaitun, di antaranya adalah besar dan kecil, dan dia yang tidak minyak; dan aku minyaknya. Artinya, siapa pun yang benar (Sadiq) dalam kemiskinannya, seperti minyak murni, yang hidup menurut Kitab dan Sunnah, maka saya membantu dalam semua hal, menyediakan untuk kebutuhan di dunia ini dan selanjutnya-bukan dengan kekuatan saya dan kekuatan, melainkan dengan barakah Nabi (Allah memberkatinya dan memberinya kedamaian).

O Abd al-'Al, waspadalah terhadap cinta dunia ini, karena merusak perbuatan orang benar seperti cuka merusak madu. Ketahuilah, 'Abd al-'Al, bahwa Allah berfirman: "Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang memiliki taqwa dan orang-orang yang berbuat baik" (16:128).

'Abd al-'Al, prihatin dengan kain, anak yatim yang telanjang, memberi makan lapar, menghormati orang asing dan tamu, maka Anda mungkin akan termasuk orang-orang yang menerima Allah.

'Abd al-'Al, Anda harus melakukan zikir berkelimpahan, dan berhati-hatilah menjadi antara orang-orang yang lalai dari Allah yang Tinggi. Ketahuilah bahwa setiap raka'ah pada malam hari adalah lebih baik dari seribu pada siang hari.
Yang terbaik dari Anda dalam karakter adalah orang yang memiliki keyakinan kepada Allah yang paling Tinggi. Evil karakter korup perbuatan baik seperti merusak madu cuka.

Abd al-'Al, cara kita dibangun di atas Kitab, Sunnah, şidq, kemurnian, kesetiaan, bantalan ketidakadilan terhadap diri sendiri, dan memenuhi janji.

Syaikh Abdul '-'Al berkata: Ketika Syaikh melayani selama empat puluh tahun aku tidak pernah melihatnya terganggu dari menyembah Allah sesaat. Suatu hari aku bertanya kepadanya tentang realitas kemiskinan di jalan hukum agama (al-faqr al-syar'i) dan dia berkata: Menurut 'Ali bin Abi Thalib (ra dengan dia) yang faqīr (dalam Allah) memiliki 12 tanda-tanda berikut: (1) ia adalah arif sebuah 'llah bi (yaitu, setelah pengetahuan langsung dari Allah); (2) dia taat kepada perintah Allah; (3) ia memegang kepada Sunnah Nabi ( Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian); (4) dia selalu murni; (5) dalam setiap situasi ia senang dengan Allah; (6) dia yakin apa yang di sisi Allah; (7) dia putus asa dari apa yang di tangan manusia; (8) ia dikenakan [sabar] dengan kesulitan; (9) ia buru-buru untuk memenuhi perintah Allah; (10) ia menunjukkan belas kasih untuk umat manusia; (11) ia rendah hati sebelum orang; (12) ia tahu bahwa setan adalah musuh-Nya sesuai dengan apa yang Allah Tinggi berkata: "Sesungguhnya setan adalah musuh Anda, sehingga membawanya untuk musuh" (35:6).

Kemudian Abd al Syaikh '-'Al bertanya tentang refleksi, tawbah, dzikir, cinta Allah (wajd), sabar, zuhd, Iman, dan syekh dan guru, Ahmad al-Badawi, menjawab sedemikian rupa sehingga padam api dendam, menghibur yang sakit, dan menunjukkan pengetahuan Allah (segala sesuatu). Kata-kata ini, dikenal para bangsawan pengetahuan dan para Sufi, ditemukan berserakan, tapi Sayyid mengungkapkan realitas mereka, membuat mereka dengan kemurnian dan kejelasan. Dia mengatakan hal berikut mengenai istilah teknis tersebut di atas:

Refleksi (tafkīr): Refleksi atas Allah dan makhluk-Nya menciptakan bukan pada hakikat-Nya, karena pasti berpikir tidak dapat meliputi-Nya.

Tawbah adalah penyesalan untuk kesalahan yang dilakukan, meninggalkan ketidaktaatan, meminta ampun kepada Allah dengan lidah, tekad untuk tidak kembali ke ketidakpatuhan, dan kemurnian hati. Ini adalah Taubatan nashuha (tawbah tulus) yang Allah Maha Perkasa perintah kita dalam Buku-Nya: "Hai orang yang beriman, bertobat kepada Allah suatu berbalik tulus" (66:8).

Dzikir: Realitas zikir adalah bahwa dengan hati bukan dengan lidah saja. Dzikir dengan lidah tanpa hati adalah dangkal. Ingat Allah dengan hati yang hadir dan berhati-hati menjadi terganggu (ghaflah) dari Allah, karena sesungguhnya hal itu menyebabkan hati menjadi keras.

Wajd adalah ketika dzikir dari Real, la ilaha illa hu, peningkatan sehingga sebuah lampu dilemparkan ke dalam hati dari kehadiran Allah, sampai kulit gairah, dan ada kerinduan untuk Kekasih, la ilaha illa hu. Para murid untuk wajd menempel dan melekat dirinya sepenuhnya kepada Allah. Ketika meningkat wajd dan dia menjadi bingung cinta penuh gairah sehingga menjadi berlebihan, maka murid mencapai peringkat tinggi elevasi spiritual.

Sabar (sabar): Ini adalah kenikmatan dengan hukm (hukum) Allah dan kepatuhan kepada perintah-Nya. Ini adalah ketika manusia bergembira dalam kemalangan seperti dia bergembira dalam keberuntungan. Allah berfirman: "Dan memberi kabar baik kepada pasien, yang ketika musibah menimpa mereka, mengatakan: sesungguhnya kami adalah Allah dan kepada-Nya kami pasti kembali" (2: 155-156).

Zuhd: Zuhd adalah menentang nafs dengan meninggalkan keinginan duniawi, dan meninggalkan tujuh pintu diizinkan dalam ketakutan bahwa seseorang bisa jatuh ke dalam dilarang.

Iman: Iman adalah hal yang paling mulia; Dia, yang memiliki keyakinan yang paling (Iman) memiliki paling taqwa. Ketika karakter (akhlaq) dari murid yang baik, meningkatkan Iman-nya; yang terbaik dari Anda dalam karakter adalah orang yang memiliki keyakinan yang paling kepada Allah.

Ketika menyampaikan nasihat kepada khalifah-Nya, "kata Abd al-'Al, Syaikh al-Badawi: Jangan bersukacita atas malapetaka dari setiap makhluk Allah atau mengucapkan kata-kata yang fitnah atau mencemarkan. Tidak pernah menyakiti seseorang yang telah merugikan Anda. Tunjukkan perhatian untuk seseorang yang telah bersalah padamu. Berbuat baik kepada siapa pun yang telah melakukan kejahatan dan Anda berikan kepada siapa pun yang telah dipotong dari Anda. Apakah Anda tahu siapa itu faqīr, pasien yang benar. Aku berkata: Tolong, terus memberikan apa yang bermanfaat. Syaikh al-Badawi (Radi Allah Anhu) melanjutan: Dia adalah orang yang ketika ia memberi ia tidak meminta untuk berterima kasih. Dan ketika kerugian orang yang sabar karena kesabaran hukm Allah (yang berkuasa; yaitu, Dia menyebabkan terjadi peristiwa yang melanggar kesabaran faqīr itu), ia bertindak menurut Kitab dan Sunnah.
Kata-kata berikut dikirimkan oleh Sayyid al-Bakri adalah ekspresi tertinggi rahasia (Radi Allah Anhu) alam rohani yang besar Syaikh al-Badawi: Dia yang tidak memiliki pengetahuan ('ilm) tidak akan memiliki nilai (qīmah) di dunia ini atau berikutnya Dia yang tidak memiliki kesabaran (hilm) tidak akan menemukan manfaat dalam pengetahuan. Dia yang tanpa kemurahan hati (Sakha ') tidak akan memiliki sebagian kekayaannya. Dia yang tidak memiliki simpati dan kepedulian (shafaqah) untuk manusia tidak akan menemukan syafaat untuk mengajukan kasus itu (shifā'ah) sebelum Allah. Dia yang tidak memiliki kesabaran (sabar) tidak akan mendapatkan kesuksesan dan kebaikan dalam urusan-Nya. Dia yang tidak memiliki taqwa (godfearingness) tidak memiliki stasiun (manzilah) dengan Allah. Dan orang yang dicabut dari enam kualitas tidak memiliki tempat di Taman (Jinnah).

AHMAD BADAWI MASUK MESIR
Sang sufi yang selalu mengenakan tutup muka ini suatu ketika ber-khalwat selama empat puluh hari tidak makan dan minum. Waktunya dihabiskan untuk meihat langit. Kedua matanya bersinar bagai bara. Sekonyong-konyong ia mendengar suara tanpa rupa. "Berdirilah !" begitu suara itu terus menggema, Carilah tempat terbitnya matahari. Dan ketika kamu sudah menemukannya, carilah tempat terbenamnya matahari. Kemudian...beranjaklah ke Thantha, suatu kota yang ada di propinsi Gharbiyyah, Mesir. Di sanalah tempatmu wahai pemuda".
Suara tanpa rupa itu seakan membimbingnya ke Iraq. Di sana ia bertemu dengan dua orang yang terkenal yaitu Syekh Abdul Kadir al-Jailani dan ar-Rifa'i. "Wahai Ahmad " begitu kedua orang itu berkata kepada Ahmad al-Badawi seperti mengeluarkan titah. " Kunci-kunci rahasia wilayah Iraq, Hindia, Yaman, as-Syarq dan al-Gharb ada di genggaman kita. Pilihlah mana yang kamu suka ". Tanpa disangka-sangka al-Badawi menjawab, "Saya tidak akan mengambil kunci tersebut kecuali dari Dzat Yang Maha Membuka.
Perjalanan selanjutnya adalah Mesir negeri para nabi dan ahli bait. Badawi masuk Mesir pada tahun 34 H. Di sana ia bertemu dengan al-Zahir Bibers dengan tentaranya. Mereka menyanjung dan memuliakan sang wali ini. Namun takdir menyuratkan lain, ia harus melanjutkan perjalanan menuju tempat yang dimaksud oleh bisikan gaib, Thantha, satu kota yang banyak melahirkan tokoh-tokoh dunia. Di sana ia menjumpai para wali, seperti Syaikh Hasan al-Ikhna`I, Syaikh Salim al- Maghribi dan Syaikh Salim al-Badawi. Di sinilah ia menancapkan dakwahnya, menyeru pada agama Allah, takut dan senantiasa berharap hanya kepada-Nya.
Badawi yang alim
Dalam perjalanan hidupnya sebagai anak manusia ia pernah dikenal sebagai orang yang pemarah, karena begitu banyaknya orang yang menyakit. Tapi rupanya keberuntungan dan kebijakan berpihak pada anak cucu Nabi ini. Marah bukanlah suatu penyelesaian terhadap masalah bahkan menimbulkan masalah baru yang bukan hanya membawa madarat pada orang lain, tapi diri sendiri. Diam, menyendiri, merenung, itulah sikap yang dipilih selanjutnya. Dengan diam orang lebih bisa banyak mendengar. Dengan menyendiri orang semakin tahu betapa rendah, hina dan perlunya diri ini akan gapaian tangan-tangan Yang Maha Asih. Dengan merenung orang akan banyak memperoleh nilai-nilai kebenaran. Dan melalui sikap yang mulia ini ia tenggelam dalam zikir dan belaian Allah SWT.
Laksana laut, diam tenang tapi dalam dan penuh bongkahan mutiara, itulah al-badawi. Matbuli dalam hal ini memberi kesaksian, "Rasulullah SAW bersabda kepadaku, " Setelah Muhammad bin Idris as-Syafiiy tidak ada wali di Mesir yang fatwanya lebih berpengaruh daripada Ahmad Badawi, Nafisah, Syarafuddin al-Kurdi kemudian al-Manufi.
Suatu ketika Ibnu Daqiq al-'Id mengutus Abdul Aziz al- Darini untuk menguji Ahmad Badawi dalam berbagai permasalahan. Dengan tenang dia menjawab, "Jawaban pertanyaan-pertanyaan itu terdapat dalam kitab "Syajaratul Ma'arif" karya Syaikh Izzuddin bin Abdus Salam.

KAROMAH AHMAD BADAWI

Kendati karomah bukanlah satu-satunya ukuran tingkat kewalian seseorang, tidak ada salahnya disebutkan beberapa karomah Syaikh Badawi sebagai petunjuk betapa agungnya wali yang satu ini.
Al-kisah ada seorang Syaikh yang hendak bepergian. Sebelum bepergian dia meminta pendapat pada Syaikh al-Badawi yang sudah berbaring tenang di alam barzakh. "Pergilah, dan tawakkallah kepada Allah SWT"tiba-tiba terdengar suara dari dalam makam Syekh Badawi. Syaikh Sya'roni berkomentar, "Saya mendengar perkataan tadi dengan telinga saya sendiri ".
Tersebut Syaikh Badawi suatu hari berkata kepada seorang laki-laki yang memohon petunjuk dalam berdagang. "Simpanlah gandum untuk tahun ini. Karena harga gandum nanti akan melambung tinggi, tapi ingat, kamu harus banyak bersedekah pada fakir miskin". Demikian nasehat Syekh Badawi yang benar-benar dilaksanakan oleh laki-laki itu. Setahun kemudian dengan izin Allah kejadiannya terbukti benar.
Syekh Badawi wafat
Pada tahun 675 H sejarah mencatat kehilangan tokoh besar yang barangkali tidak tergantikan dalam puluhan tahun berikutnya. Syekh Badawi, pecinta ilahi yang belum pernah menikah ini beralih alam menuju tempat yang dekat dan penuh limpahan rahmat-Nya. Setelah dia meninggal, tugas dakwah diganti oleh Syaikh Abdul 'Al sampai dia meninggal pada tahun 773 H.
Beberapa waktu setelah kepergian wali pujaan ini, umat seperti tidak tahan, rindu akan kehadiran, petuah-petuahnya. Maka diadakanlah perayaan hari lahir Syaikh Badawi. Orang-orang datang mengalir bagaikan bah dari berbagai tempat yang jauh. Kerinduan, kecintaan, pengabdian mereka tumpahkan pada hari itu pada sufi agung ini. Hal inilah kiranya yang menyebabkan sebagian ulama dan pejabat waktu itu ada yang berkeinginan untuk meniadakan acara maulid. Tercatat satu tahun berikutnya perayaan maulid syekh Badawi ditiadakan demi menghindari penyalahgunaan dan penyimpangan akidah. Namun itu tidak berlangsung lama, hanya satu tahun. Dan tahun berikutnya perayaan pun digelar kembali sampai sekarang
Ahmad al-Badawi adalah seorang wali yang sangat terkenal di semua kalangan Sufi. Beliau menyatakan Aku tidak membutuhkan seorang pemandu. Pemanduku adalah al-Quran, sebagaimana yang dikatakan orang Wahhabi sekarang, dan cara hidup Rasulullah saw. Beliau mencoba mendekati Tuhannya sebagaimana Rasulullah saw bersabda atas nama Tuhannya, Hambaku tidak berhenti untuk mendekati-Ku melalui ibadah sunnah atau perbuatan baik, sampai Aku mencintainya. Dan bila Aku Mencintainya, pada saat itu Aku akan menjadi telinga yang digunakan untuk mendengar, mata yang dipakainya untuk melihat, tangan untuk merasakan, dan kaki untuk berjalan. Jika dia meminta, Aku akan memberi. Jika dia memohon perlindungan, Aku akan melindunginya. Aku akan menjadi dia, dan dia dapat mengatakan kepada sesuatu, Jadilah! maka jadilah ia. ( Hadist Nabi saw )
(Orang-orang Wahhabi biasanya memotong bagian terakhir dari hadits tersebut, tetapi kita mengucapkannya secara lengkap).
Ahmad al-Badawi berusaha mendekatai Tuhannya sampai mencapai pintu Kehadirat Ilahi, lalu dia berkata, Ya Tuhanku! Bukakanlah pintu ini untukku. Tetapi dia tidak mendapat jawaban. Dia mencobanya berulang-ulang sampai akhirnya dia bertemu secara tidak sengaja dengan seseorang. Saya bilang tidak sengaja tetapi sebetulnya itu sudah direncanakan dengan sangat rapi, karena itu adalah Kehendak Allah untuk mengujinya. Dia bertemu orang itu di jalan, seseorang yang kelihatannya biasa saja. Orang itu lalu memanggilnya, Hei Ahmad! bahkan dia tidak menyebutnya Syaikh Ahmad! sebagai tanda penghormatan. Dia berkata, Wahai Ahmad! Engkau perlu kunci untuk mencapai kehadirat Ilahi? Aku punya kuncinya dan jika Kau mau, datanglah kepadaku dan akan kuberikan kepadamu.
Setiap hari, dari pagi hingga sore, ia menatap matahari, sehingga kornea matanya merah membara. Apa yang dilihatnya bisa terbakar, khawatir terjadinya hal itu, saat berjalan ia lebih sering menatap langit, bagaikan orang yang sombong. Sejak masa kanak kanak, ia suka berkhalwat dan riyadhoh, pernah empat puluh hari lebih perutnya tak terisi makanan dan minuman. Ia lebih memilih diam dan berbicara dengan bahasa isyarat, bila ingin berkomunikasi dengan seseorang. Ia tak sedetikpun lepas dari kalimat toyyibah, berdzikir dan bersholawat. Dalam perjalanan riyadhohnya, ia pernah tinggal di loteng negara Thondata selama 12 tahun, dan selama 8 tahun ia berada diatas atap, riadhoh siang dan malam. Ia hidup pada tahun 596-675 H dan wafat di Mesir, makamnya di kota Tonto, setiap waktu tak pernah sepi dari peziarah.
Pada usia dini ia telah hafal Al-Qur’an, untuk memperdalam ilmu agama ia berguru kepada Syeikh Abdul Qadir al-Jailani dan syeikh Ahmad Rifai. Ia adalah Waliullah Qutbol Gaust, Assayyid, Assyarif Ahmad al Badawi. Suatu hari, ketika sang Murid telah sampai ketingkatannya, Sjech Abdul Qodir Jaelani, menawarkan kepadanya ; ”Manakah yang kau inginkan ya Ahmad Badawi, kunci Masriq atau Magrib, akan kuberikan untukmu”, hal yang sama juga diucapkan oleh gurunya Sayyid Ahmad Rifai, dengan lembut, dan menjaga tatakrama murid kepada gurunya, ia menjawab; ”Aku tak mengambil kunci kecuali dari Al Fattah (Allah )”.
Suatu hari datang kepadanya, seorang janda mohon pertolongan, anak lelakinya ditahan di Perancis, dan sang ibu ingin agar anak itu kembali dalam keadaan selamat. Oleh Sayyidi Ahmad Al Badawi, janda itu disuruhnya untuk pulang, dan berkata sayidi : “Insya Allah anak ibu sudah berada dirumah”. Bergegas sang ibu menuju rumahnya, dan betapa bahagia, bercampur haru, dan penuh keheranan, ia dapati anaknya telah berada di rumah dalam keadaan terbelenggu. Sayyidi al badawi banyak menolong orang yang ditahan secara Dholim oleh penguasa Prancis saat itu, dan semua pulang ke rumahnya dalam keadaan tangannya tetap terbelenggu.
Pernah suatu ketika Syaikh Ibnul labban mengumpat Sayyidi Ahmad Badawi, seketika itu juga hafalan Al-Qur’an dan iman Syaikh Ibnul labban menjadi hilang. Ia bingung dan berusaha dengan beristighosah dan meminta bantuan do’a, orang orang terkemuka di zaman itu (agar ilmu dan imannya kembali lagi), tetapi tidak satupun dari yang dimintainya doa, berani mencampuri urusannya, karena terkait dengan Sayyidi Ahmad Badawi. Padahal diriwayatkan, saat itu Sayyidi Al Badawi telah wafat. Orang terkemuka yang dimintainya doa, hanya berani memberi saran kepada Syaikh Ibnul labban, agar dia menghadap Syeikh Yaqut al-‘Arsyiy, waliullah terkemuka pada saat itu, dan kholifah sayyidi abil hasan Assadzili. Ibnu labban segera menemui Sjech Yaqut dan minta pertolongannya, dalam urusannya dengan sayyidi Ahmad Al badawi. Setelah dimintai pertolongan oleh Syaikh Ibnul labban, Syeikh Yaqut Arsyiy berangkat menuju ke makam Sayyidi al-Badawi dan berkata : “ Wahai guru, hendaklah tuan memberi ma’af kepada orang ini!”. Dari dalam makamnya, terdengar jawaban “Apakah kamu berkehendak untuk mengembalikan tandanya orang miskin itu ? ya…sudah, tapi dengan syarat ia mau bertaubat”. Syeikh Ibbnul Labbanpun akhirnya bertaubat, dan tidak lama kemudian kembalilah ilmu dan imannya seperti sedia kala dan ia juga mengakui kewalian Syeikh Yaqut, karena peristiwa tersebut. Ia kemudian dinikahkan dengan putrinya Syeikh Yaqut. (Di ambil dari kitab al-Jaami’).
Syeikh Muhammad asy-Syanawi menceritakan, bahwa pada waktu itu ada orang yang tidak mau menghadiri dan bahkan mengingkari peringatan maulidnya Syeikh Ahmad Badawi, maka seketika hilanglah iman orang itu dan menjadi merasa tidak senang terhadap agama Islam. Orang itu kemudian berziarah ke makamnya Sayyid Badawi untuk minta tolong dan memohon maaf atas kesalahannya. Kemudian terdengarlah suara sayyidi Badawi dari dalam kubur : “iya, saya ma’afkan, tapi jangan berbuat lagi. Na’am (iya) jawab orang itu, spontan imannya kembali lagi. Beliau lalu meneruskan ucapannya : “Apa sebabnya kamu mengingkari kami semua”. Dijawabnya : “Karena di dalam acara itu banyak orang laki-laki dan perempuan bercampur baur menjadi satu” (tanpa ada garis pembatas). Sayyidi Badawi lalu mengatakan : “Di tempat thowaf sana, dimana banyak orang yang menunaikan ibadah haji disekitar Ka’bah, mereka juga bercampur laki-laki dan perempuan, kenapa tidak ada yang melarang”. Demi mulianya Tuhanku, orang-orang yang ada untuk menghadiri acara maulidku ini tidaklah ada yang menjalankan dosa kecuali pasti mau bertaubat dan akan bagus taubatnya. Hewan-hewan di hutan dan ikan-ikan di laut, semua itu dapat aku pelihara dan kulindungi diantara satu dengan lainnya sehingga menjadi aman dengan idzin Allah. Lalu, apakah kiranya Allah Ta’ala, tidak akan memberi aku kekuatan untuk mampu menjaga dan memelihara keamanannya orang-orang yang menghadiri acara maulidku itu ?”
Suatu ketika Syeikh Ibnu Daqiqil berkumpul dengan Sayyidi Badawi, dan ia bertanya kepada beliau : “Mengapa engkau tidak pernah sholat, yang demikian itu bukanlah perjalanannya para shalihin“. Lalu beliau menjawab : “Diam kamu! Kalau tidak mau diam aku hamburkan daqiqmu (tepung)”. Dan di tendanglah Syeikh Daqiqil oleh beliau hingga berada disuatu pulau yang luas dalam kondisi tidak sadarkan diri. Setelah sadar, iapun termangu karena merasa asing dengan pulau tersebut. Dalam kebingungannya, datanglah seorang lelaki menghampirinya dan memberi nasehat agar jangan mengganggu orang type al-Badawi, dan sekarang kamu berjalanlah menuju qubah yang terlihat itu, nanti jika sudah tiba di sana kau berhentilah di depan pintu hingga menunggu waktu ‘ashar dan ikutlah shalat berjamaah dibelakangnya imam tersebut, sebab nanti Ahmad Badawi akan ikut di dalamnya. Setelah bertemu dia ucapkanlah salam, peganglah lengan bajunya dan mohonlah ampun atas ucapanmu tadi. Ia menuruti kata-kata orang itu yang tidak lain adalah Nabiyullah Khidir a.s. Setelah semua nasehatnya dilaksanakan, betapa terkejutnya ia karena yang menjadi imam sholat waktu itu adalah Sayyidi Badawi. Setelah selesai sholat ia langsung menghampiri dan menciumi tangan dan menarik lengan Sayyidi al-Badawi, sambil berkata seperti yang diamanatkan orang tadi. Dan berkatalah Sayyidi Badawi sambil menendang Syeikh Daqiqil,” Pergilah sana murid-muridmu sudah menantimu dan jangan kau ulangi lagi!. Seketika itu juga ia sudah sampai di rumahnya dan murid-muridnya telah menunggu kedatangan Syeikh Daqiqil. Dijelaskan bahwa yang menjadi makmum sholat berjamaah dengan Sayyidi Badawi pada kejadian itu adalah para wali.
Syekh Imam al Munawi berkata : “Ada seorang Syeikh yang setiap akan bepergian selalu berziarah di makamnya Syeikh Ahmad al Badawi untuk minta ijin, lalu terdengar suara dari dalam kubur dengan jelas :”Ya pergilah dengan tawakkal, Insya Allah niatmu berhasil, kejadian tersebut didengar juga oleh Syeikh abdul wahab Assya’roni, padahal saat itu Syeikh Ahmad al Badawi sudah meninggal 200 tahun silam, jadi para aulia’ itu walaupun sudah meninggal ratusan tahun, namun masih bisa emberi petunjuk.
Berkata Syeikh Muhammad al-Adawi : Setengah dari keindahan keramat beliau ialah, pada saat banyaknya orang yang ingin berusaha membatalkan peringatan maulidnya beliau, dimana orang-orang tersebut menghadap dan meminta kepada Syeikh Imam Yahya al-Munawiy agar beliau mau menyetujuinya. Sebagai orang yang berpengaruh dan berpendirian kuat pada masa itu, Syeikh Yahya tidak menyetujuinya, akhirnya orang-orang tersebut melapor kepada sang raja azh-Zhohir Jaqmaq. Sang rajapun berusaha membujuk agar Syeikh Yahya bersedia memberi fatwa untuk membatalkan maulidnya Sayyidi Badawi. Akan tetapi Syeikh Yahya tetap tidak mau dan hanya bersedia memberikan fatwa melarang keharaman-haraman yang terjadi di acara itu. Maka acara maulid tetap dilaksanakan seperti biasa. Dan Syeikh Yahya bekata kepada sang raja: “Aku tetap tak berani sama sekali berfatwa yang demikian, karena Sayyidi Badawi adalah wali yang agung dan seorang fanatik (malati = bahasa jawanya). Hai raja, tunggu saja, kamu akan tahu akibat bahayanya orang-orang yang berusaha menghilangkan peringatan maulid Sayyidi Badawi. Memang benar, tak lama kemudian mereka yang bertujuan menghilangkan peringatan maulid Sayyidi Badawi tertimpa bencana. Orang-orang tersebut ada yang dicopot jabatannya dan diasingkan oleh rajanya. Ada yang melarikan diri ke Dimyath akan tetapi kemudian ditarik kembali dan diberi pengajaran, dirantai dan dipenjara selama setengah bulan. Bahkan diantara mereka yang mempunyai jabatan tinggi dikerajaan itu lalu banyak yang ditangkap, disidang dengan kelihatan terhina, disiksa dan diborgol besi di depan majlis hakim syara’ lalu dihadapkan raja yang kemudian dibuang di negara Maghrib.
Sayyidi Ahmad Badawi pernah berkata kepada seseorang : “Bahwa pada tahun ini hendaknya kamu menyimpan gandum yang banyak yang tujuanmu nanti akan kau berikan kepada para fakir miskin, sebab nanti akan terjadi musim paceklik pangan. Kemudian orang tadi menjalankan apa yang diperintahkan beliau, dan akhirnya memang terbukti kebenaran ucapan Sayyidi Badawi.
Berkata al-Imam Sya’roni : “Pada tahun 948 H aku ketinggalan tidak dapat menghadiri acara maulidnya Sayyidi Badawi. Lalu ada salah satu aulia’ memberi tahu kepadaku bahwa Sayyidi Badawi pada waktu peringatan itu memperlihatkan diri di makamnya dan bertanya : “Mana Abdul Wahhab Sya’roni, kenapa tidak datang ?” Pada suatu tahun, al-Imam Sya’roni juga pernah berkeinginan tidak akan mendatangi maulid beliau. Lalu aku melihat beliau memegang pelepah kurma hijau sambil mengajak orang-orang dari berbagai negara. Jadi orang-orang yang berada dibelakangnya, dikanan dan kirinya banyak sekali tak terhingga jumlahnya. Terus beliau melewati aku di Mesir, sayyidi Badawi berkata : “Kenapa kamu tidak berangkat ?”. Aku sedang sakit tuan, jawabku. Sakit tidak menghalang-halangi orang cinta. Terus aku diperlihatkan orang banyak dari para aulia’dan para masayikh, baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat, dan orang-orang yang lumpuh semua berjalan dengan merangkak dan memakai kain kafannya, mereka mengikuti dibelakang sayyidi Badawi menghadiri maulid beliau. Terus aku juga diperlihatkan jama’ah dan sekelompok tawanan yang masih dalam keadaan terbalut dan terbelenggu juga ikut datang menghadiri maulidnya. Lalu beliau berkata: lihatlah ! itu semua tidak ada yang mau ketinggalan, akhirnya aku berkehendak untuk mau menghadiri, dan aku berkata : Insya Allah aku hadir tuan guru ?. Kalau begitu kamu harus dengan pendamping, jawab sayyidi Badawi. Kemudian beliau memberi aku dua harimau hitam besar dan gajah, yang dijanji tidak akan berpisah denganku sebelum sampai di tempat. Peristiwa ini kemudian aku ceritakan kepada guruku Syeikh Muhammad asy-Syanawi, beliau lalu menjelaskan: memang pada umumnya para aulia’ mengajak orang-orang itu dengan perantaraan, akan tetapi sayyidi Ahmad Badawi langsung dengan sendirinya menyuruh orang-orang mengajak datang. Sungguh banyak keramat beliau, hingga al-Imam Sya’roni mengatakan,”Seandainya keajaiban atau keramat-keramat beliau kalau ditulis di dalam buku tidaklah akan muat karena terlalu banyaknya. Tetapi ada peninggalan Syeikh ahmad Badawi yang sangat utama, yaitu bacaan sholawat badawiyah sughro dan sholawat badawiyah kubro.

Demikianlah sekelumit manakib Sayyidi Ahmad Al Badawi disajikan kehadapan pembaca, untuk dapat diambil hikmahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar